By | Desember 21, 2020

Jantung adalah organ vital yang dimiliki manusia sebab organ ini mampu memompa darah ke seluruh tubuh. Sayangnya, tidak semua orang memiliki jantung yang sehat. Ada banyak orang di dunia yang mengidap penyakit jantung terutama jantung koroner. Bahkan, penyakit ini merupakan salah satu pembunuh utama bagi orang dewasa di berbagai negara.

Apa Itu Penyakit Kardiovaskular Atau Jantung?

Penyakit kardiovaskuler merupakan istilah umum untuk menyatakan penyakit atau kelainan pada jantung. Penyakit ini sendiri merupakan kondisi dimana jantung mengalami penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah. Akibat dari penyakit ini tidak main-main sehingga sebaiknya Anda tidak menganggap remeh gejala sekecil apapun.

Hal ini dikarenakan biasanya penyakit kardiovaskular kerap dibarengi dengan berbagai keluhan. Beberapa yang sering diketahui adalah nyeri dada, serangan jantung serta penyakit lainnya yang bisa Anda temukan di direktori penyakit situs kesehatan SehatQ. Di situs tersebut, Anda akan mendapatkan informasi tentang berbagai penyakit dengan lebih lengkap dan dijamin akurat.

Perawatan Untuk Mengobati Penyakit Jantung

Pengobatan penyakit serius seperti jantung sebenarnya sangat bervariasi tergantung dari kondisi masing-masing penderitanya. Pengobatan untuk pasien jantung perempuan dan laki-laki bisa saja berbeda mengingat gejalanya berbeda. Namun, perawatan bagi pasien penyakit ini menurut situs SehatQ meliputi hal-hal di bawah ini.

  1. Mengubah gaya hidup

Menurut beberapa penelitian, menjalani gaya hidup yang lebih sehat akan sangat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler terutama jantung koroner. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat sebenarnya cukup mudah namun butuh komitmen yang tinggi sebab perlu dilakukan secara rutin.

Beberapa contoh kebiasaan hidup sehat adalah rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta berhenti merokok dan mengurangi konsumsi minuman beralkohol. Dengan cara ini, Anda secara alami akan mengurangi risiko bahkan mencegah timbulnya berbagai penyakit kardiovaskular lainnya.

  1. Konsumsi suplemen

Menggunakan obat-obatan seperti suplemen untuk jantung merupakan hal yang umum ditemui saat ini. suplemen jantung dinilai bisa memberikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan jantung. Bahkan, ada beberapa suplemen yang harus diminum oleh penderita jantung koroner untuk mengendalikan peradangan pada jantung.

  1. Menghindari makanan yang berlemak tinggi

Makanan tinggi lemak seperti daging dan makanan deep frying bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Berbeda dengan mitos yang banyak di beredar di masyarakat jika makanan tinggi kolesterol dan tinggi lemak jenuh akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini dikarenakan kolesterol diketahui bisa menyumbat pembuluh darah terutama di jantung.

Namun, sebenarnya banyak peneliti yang percaya jika peningkatan kadar kolesterol dalam darah sebenarnya adalah gejala penyakit tersebut dan bukan penyebab utama penyakit kardiovaskular. Hal ini disebabkan sebagian besar penyakit kardiovaskuler disebabkan oleh peradangan di jantung.

  1. Pemberian obat-obatan

Jika pasien menderita infeksi jantung yang disebabkan oleh virus atau bakteri maka biasanya pengobatan yang dilakukan adalah dengan memberikan antibiotik sesuai dengan jenis kuman yang menginfeksinya, pemberian anti radang serta pengencer darah.

Beberapa istilah di atas mungkin kurang dipahami oleh Anda. Untuk itu, agar pemahaman Anda semakin bertambah tidak ada salahnya jika Anda belajar dari direktori penyakit agar Anda bisa mengenali gejala yang terjadi dan bisa mendapatkan pertolongan medis secepat mungkin. Semakin cepat Anda mendapat perawatan maka semakin besar peluang untuk sembuh.

Perlu diketahui, perawatan yang disebutkan diatas merupakan sebagian dari pengobatan yang akan diberikan dokter kepada pasien. Jika kondisi penyakit jantung yang diderita pasien semakin memburuk biasanya akan dilakukan tindakan operasi sebagai alternatif terbaik. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya mulai sekarang Anda sudah mulai peduli dengan jantung Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *