By | Agustus 16, 2020

Pendanaan atau pinjaman dana secara online sudah mulai dikenal oleh masyarakat dari lapisan menengah ke bawah. Selain untuk usaha, kini jasa keuangan online juga menyediakan platform kredit dengan syarat mudah untuk memenuhi kebutuhan konsumtif mereka. Meskipun begitu, sebaiknya Anda berhati- hati karena tidak semua jasa keuangan online berbasis financial technology terdaftar dan memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan atau yang lazim disebut OJK.

Sebenarnya pengertian fintech atau yang lebih umum dikenal dengan financial technology? Fintech merupakan inovasi jasa keuangan yang berbasis technology modern sehingga aktivitas transaksi masyarakat menjadi semakin lebih efektif, praktis dan efisien. Hal tersebut karena financial technology diklaim mampu membantu masyarakat dalam mengakses setiap produk keuangan, serta meningkatkan literasi keuangan.

Lalu apa manfaat yang akan didapatkan oleh masyarakat, terutama dari lapisan menengah kebawah dengan adanya financial technology ini? Manfaat yang paling kelihatan adalah memudahkan mereka dalam hal pinjaman dana tunai tanpa adanya survey mendatangi rumah mereka. Hal ini cukup membantu dan disukai masyarakat menengah kebawah terutama yang hidup dipedesaan karena sebagian dari mereka masih menganggap bahwa berhutang kepada bank atau jasa keuangan lain adalah sesuatu hal yang tabu jika sampai ketahuan oleh tetangga mereka.

Meskipun tidak semua orang atau jenis masyarakat memiliki mental seperti ini, namun kenyataannya peminjaman dana online berbasis financial technology membuat mereka merasa lebih nyaman dan tidak begitu khawatir akan diketahui oleh orang lain, karena biasanya survey yang dilakukan pun hanya via telephon ke orang- orang terdekat pengguna atau bahkan kadang hanya membutuhkan KTP saja tanpa adanya survey khusus.

Sekalipun peminjaman dana online ini memudahkan Anda atau juga masyarakat dari lapisan menengah ke bawah, sebaiknya Anda tidak sembarangan juga memilih jasa keuangan yang hendak anda tuju. Pastikan perusahaan yang ingin Anda ajak kerja sama merupakan perusahaan berbasis fintech OJK yang telah terdaftar dan memiliki izin yang jelas dari Otoritas Jasa Keuangan.

Manfaat lain yang paling dirasa oleh masyarakat lapisan menengah ke bawah selain inovasi baru yang berimbas pada peningkatan lapangan pekerjaan adalah mampu menurunkan bunga pinjaman, sehingga mereka tidak perlu takut lagi terjerat oleh lintah darat. Selain itu manfaat financial technology lainnya yaitu dapat meningkatkan penjualan dalam e-commerce sehingga pertumbuhan ekonomi juga akan semakin meningkat.

Demikian artikel tentang manfaat fintech bagi masyarakat menengah kebawah. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi pencerahan bagi Anda yang mungkin takut untuk bekerjasama dengan perusahaan- perusahaan yang menyediakan pendanaan berbasis financial technology. Jaman sudah semakin maju dan modern ya! Saatnya kita juga harus berani untuk menerima perubahan yang semakin maju dengan pesat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *